Breaking

Kamis, 12 April 2018

Keberadaan Bule Penipu Mahasiswa Jember Belum Terdeteksi Imigrasi

TexasBerita - Pasangan suami istri warga negara asing (WNA) yang telah membawa kabur kamera seorang mahasiswa Jember, Frenza Faoruz Firmansyah. Sampai saat ini belum jelas keberadaan bule itu.


Hingga Kamis (12/4/2018), pihak Kantor Imigrasi Jember belum berhasil menemukan jejak wisatawan asing asal Hungaria tersebut.

Menurut Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Kantor Imigrasi Jember, Maringan Firman Napitupulu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Polres Jember. Tidak hanya itu, pihak Imigrasi Jember sudah menyebarkan berita tentang wisatawan asal Hungaria ini, ke jajaran imigrasi di seluruh Indonesia. Namun sampai hari ini jejak keberadaan mereka belum berhasil dideteksi pihak imigrasi.

"Kordinasi tetap kita lakukan sampai hari ini sudah kita terus berkordinasi, tapi memang sejauh ini belum ketemu titiknya dimana kira-kira orang asing tersebut," kata Firman.

Dia juga menyoroti pihak pengelola penginapan yang tidak segera melaporkan keberadaan orang asing yang menginap ditempatnya. Menurut Firman kesadaran hotel atau tempat mereka menginap untuk melapor masih sangat rendah, padahal saat ini pelaporan kepada imigrasi sangat mudah karena bisa dilakukan melalui secara online.

"Selain kita membentuk pemantauan orang asing (PORA), kita butuh peran serta masyarakat, kita juga telah meminta pihak hotel atau penginapan serta pihak desa agar melaporkan keberadaan orang asing di tempat mereka masing-masing," katan Firman.

"Saat ini baik hotel besar maupun penginapan kecil belum ada kesadaran untuk melaporkan namun ada juga yang telah melaporkan keberadaan orang asing di hotel atau penginapan," lanjutnya.

Wisatawan asing sendiri menurut Firman, memang tidak memiliki kewajiban melapor jika mengunjungi ke suatu daerah tertentu. Namun agar aktifitas warga negara asing dapat di deteksi, firman berharap hotel, penginapan, wisma ataupun masyarakat yang disinggahi warga negara asing, dapat melapor kepada pihak imigrasi.

Sementara Kasatreskrim Polres Jember AKP Erick Pradana mengaku pihaknya telah menerima laporan dari korban. Pihaknya juga telah meminta keterangan korban dan sejumlah saksi.

"Sudah dilaporkan ke kita. Korban sudah kita mintai keterangan. Sejumlah saksi juga sudah kita periksa," kata Erick.

Baca Juga : Nyawa Siswa SMP Tak Tertolong, Korban Miras Maut Jadi 42 Orang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar